SELAMAT DATANG DI BLOGSPOT PRAMUKA KWARTIR RANTING 0417 KECAMATAN DEPOK - KABUPATEN SLEMAN - DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA -- AGENDA KEGIATAN : HARI KAMIS, 14 AGUSTUS 2014 PELAKSANAAN UPACARA HARI PRAMUKA DI HALAMAN KANTOR KECAMATAN DEPOK, JLN. RING ROAD UTARA CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN"

Jumat, 07 Februari 2014

CIPTAKAN KEGIATAN PERKEMAHAN YANG KREATIF DAN REKREATIF

Akhir-akhir ini masih banyak anak-anak golongan Penggalang yang merasa kurang berkesan setiap perkemahan selesai, hal ini disebabkan setiap tahun kegiatan yang disajikan hampir sama dengan tahun lalu, yang lebih parah jika kegiatan, permainan outbond, materi kegiatan dalam perkemahan telah di praktekkan di Gugus Depan masing-masing, hal ini  mengakibatkan anak-anak terutama golongan Penggalang akan merasa bosan mengikuti setiap kegiatan dalam perkemahan.
Nah, sebagai pembina seharusnya lebih mengetahui pengertian dari berkemah, sesuai dengan buku petunjuk perkemahan Pramuka Penggalang yang diterbitkan oleh Kwartir Nasional Tahun 1977 menjelaskan bahwa perkemahan besar Penggalang adalah pertemuan Pramuka yang berbentuk suatu perkemahan antara Pramuka Penggalang dari berbagai satuan Pramuka, selanjutnya pada point b menjelaskan bahwa perkemahan Penggalang merupakan kegiatan yang bersifat rekreatif, riang gembira, penuh rasa persaudaraan dan berisi kegiatan-kegiatan menarik dan kreatif serta bakti masyarakat dan ke-agamaan. Saat pelaksanaan perkemahan tentunya seorang pembina atau sebagai pelaksana kegiatan perkemahan sebelum mengadakan perkemahan seharusnya dapat dan mengerti akan pengertian dari perkemahan tersebut. 

Apa yang harus Pembina atau pelaksana kegiatan perkemahan lakukan sehingga perkemahan menjadi ajang kreatif dan rekreatif ?
Tentunya Pembina Pramuka atau pelaksana kegiatan perkemahan dapat menuliskan kegiatan dalam perkemahan yang telah dilakukan dari tahun ke tahun untuk dianalisa kemudian dikembangkan atau menciptakan kegiatan baru yang lebih kreatif dan rekreatif sehingga nantinya akan memunculkan rasa penasaran pada peserta perkemahan untuk mengikutinya.
Namun sebelumnya, ada alur yang tentunya kakak pembina telah mengetahui hal tersebut sebelum melaksanakan perkemahan yaitu rapat koordinasi ke pembina masing – masing Gugus Depan yang akan mengikuti kegiatan perkemahan, dalam rapat koordinasi itulah seharusnya pembina dapat merumuskan kegiatan perkemahan yang kreatif dan rekreatif yang baru. Inilah tantangan seorang pembina Pramuka sebelum melaksanakan Perkemahan. 

Bagaimana cara menciptakan kegiatan yang Kreatif dan Rekreatif dalam perkemahan ? 

Sebelum menciptakan kegiatan yang Kreatif dan Rekreatif setiap pembina Gugus Depan yang akan menjadi Pembina dalam pelaksanaan Perkemahan seharusnya dapat mengetahui dan mengenali serta memberikan informasi kepada setiap pembina dalam rapat koordinasi pembina pelaksana perkemahan sehingga pembina perkemahan dapat merumuskan kegiatan yang kreatif dan rekreatif sesuai dengan perkembangan jiwa peserta perkemahan dan tentunya yang lebih utama adalah harus mengandung unsur pendidikan. 

Kegiatan kreatif dan rekreatif dirancang bermuatan modern, bermanfaat dan taat azas dengan memperhatikan fasilitas, persiapan, suprise, tekhnis (brifing, action, debrief), dan yang terpenting adalah safty (keselamatan). 

Apa yang diharapkan dalam kegiatan kreatif dan rekreatif pada perkemahan ? 

Banyak yang diharapkan pada kemunculan kegiatan kreatif dan rekreatif dalam perkemahan salah satunya adalah : 

1. Adanya kesan yang baik pada peserta perkemahan setelah mengikuti perkemahan yang diadakan. 

2. Peserta Perkemahan dapat pengetahuan yang akan dibagikan kepada teman-teman mereka disekolah atau di dekat rumahnya, sehingga mereka pun tertarik untuk mengikuti perkemahan tersebut. 

Sumber : 
1. Buku Petunjuk Perkemahan Pramuka – diterbitkan oleh KWARNAS 1977;
2. Presentasi KMD 2010 di Ambarbinangun – PUSDIKLAT Gerakan Pramuka DIY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar