SELAMAT DATANG DI BLOGSPOT PRAMUKA KWARTIR RANTING 0417 KECAMATAN DEPOK - KABUPATEN SLEMAN - DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA -- AGENDA KEGIATAN : HARI KAMIS, 14 AGUSTUS 2014 PELAKSANAAN UPACARA HARI PRAMUKA DI HALAMAN KANTOR KECAMATAN DEPOK, JLN. RING ROAD UTARA CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN"

Kamis, 21 Maret 2013

KEGIATAN FORUM NATIONAL CHARACTER BUILDING (NCB)

Kementerian Kominfo (Komunikasi dan Informasi) bekerja sama dengan Pramuka Kwartir Nasional menyelenggarakan Forum "National Character Building" dengan mengangkat tema "Kepedulian Pemuda dalam Upaya Pemulihan Bencana (Kamis, 21 Maret 2013), di Universitas Pembangunan Veteran Yogyakarta. Adapun tujuan forum ini diadakan sebagai berikut : 
  1. Mensosialisasikan eksistensi peranan pemuda, khususnya Pramuka bagi Masayarakat. 
  2. Membangun kepercayaan masayarakat terhadap peranan dan eksistensi pemuda, khususnya Pramuka. 
  3. Membentuk sinergi antara pemuda dan masyarakat untuk membangun kehidupan masyarakat pasca bencana untuk menjadi lebih baik. 
Acara ini dihadiri 200 peserta yang terdiri dari Pramuka, unsur kepemudaan, Pelajar, Mahasiswa, unsur komunikasi sosial dan media massa hal ini diungkapkan dalam laporan ketua panitia penyelenggara Hendra Purnama (Direktur Kemitraan Kominfo).
Sementara itu Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik mengungkapkan bahwa Pramuka merupakan pendidikan kepanduan yang bertujuan membina kaum muda dalam mencapai potensi-potensi sosial, intelektual, dan fisik agar mampu membentuk akhlak dan semangat kepribadian pemuda, menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air, bela negara sehingga nantinya mampu membantu upaya pemulihan bencana khususnya di wilayah Kabupaten Sleman.

Forum ini dibuka resmi oleh Bapak Bupati Sleman yang di wakili oleh Staf Ahli bidang SDM Drs. Supriyatna, M.Si. Bupati Sleman yang di wakili Staf Ahli mengajak Kaum Muda untuk ikut bersama dan memanfaatkan teknologi dan informasi dengan baik, beliau juga mengungkapkan bahwa dalam forum ini perlu dilanjutkan dengan membuat simulasi/praktek sehingga kaum muda dapat memahami langsung dan mengambil tindakan jika bencana itu terjadi.
Dalam kegiatan Forum ini pula hadir empat pembicara yaitu DR. Surono (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), Kwartir Nasional, Mayjen TNI (Purn) Agung Widjayadi (Kemkominfo), Heru Saptono, STP, MM (Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sleman). 
Dalam Forum ini pula Pramuka Kwarcab Sleman melalui Kwarda DIY mengusulkan ke Kwartir Nasional untuk mengadakan Jambore ICT dan DIY khususnya Kabupaten Sleman siap untuk menjadi tuan rumah Jambore ICT pertama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar