SELAMAT DATANG DI BLOGSPOT PRAMUKA KWARTIR RANTING 0417 KECAMATAN DEPOK - KABUPATEN SLEMAN - DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA -- AGENDA KEGIATAN : HARI KAMIS, 14 AGUSTUS 2014 PELAKSANAAN UPACARA HARI PRAMUKA DI HALAMAN KANTOR KECAMATAN DEPOK, JLN. RING ROAD UTARA CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN"

Kamis, 13 Desember 2012

SEMINAR "REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA"

Revitalisasi Gerakan Pramuka adalah upaya meningkatkan pemberdayaan Gerakan Pramuka yang dilakukan secara sistematis, bertahap, berkelanjutan dan terencana dalam rangka :
  1. Memperkokoh Eksistensi organisasi Gerakan Pramuka 
  2. Meningkatkan peran, fungsi dan tugas pokok Gerakan Pramuka 
hal ini dilakukan agar kita semua sadar bahwa betapa pentingnya Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan non formal untuk menghasilkan kader bangsa yang tangguh dan andal pada masa depan, ini telah dicanangkan oleh Presiden R.I. tahun 2006.
Adapun Tujuan Revitalisasi yaitu memberdayakan Gugus Depan sehingga berperan optimal dalam membentuk karakter, meningkatkan rasa kebangsaan serta keterampilan kaum muda. 
Dalam presentasi Ka. Kwarnas (Prof. Dr. dr. Azrul Azwar, M.P.H.) yang disampaikan pada seminar "Revitalisasi Gerakan Pramuka" di Gedung Pertemuan Erlangga hari ini 13/12/2012 pagi tadi memaparkan bahwa berbagai masalah kaum muda dapat diatasi apabila kaum muda aktif dalam gerakan pramuka. 
Adapun program revitalisasi pada paparan Ka.kwarnas dalam seminar Revitalisasi Gerakan Pramuka yang diadakan oleh Balai Penerbit Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Penerbit Erlangga pagi tadi sebagai berikut :
  • Meningkatkan jumlah dan mutu Gugus Depan 
  • Meningkatkan jumlah dan mutu Peserta Didik 
  • Meningkatkan jumlah dan Mutu Tenaga Pendidik (Pembina Pramuka)
  • Memperbaharui Kurikulum pendidikan Kepramukaan
  • Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan
  • Memperbaharui dan meningkatkan berbagai program aktualisasi diri peserta didik
  • Memantapkan organisasi, manajemen serta sumber daya Gerakan Pramuka.
Selanjutnya Ka. Kwarnas memaparkan pentingnya revitalisasi Gugus Depan hal ini dikarenakan mulai bulan Juni 2013 pemerintah akan menerapkan kurikulum baru. Adapun program revitalisasi Gugus Depan sebagai berikut : 
  1. Memperbaharui kurikulum pendidikan Kepramukaan 
  2. Melatih pembina Gugus Depan, sekurang-kurangnya 2 pembina untuk 1 Gugus Depan
  3. Pengadaan sarana dan prasarana dasar pendidikan di alam terbuka (Gugus Depan kit dan buku ajar standar)
  4. Menggalang peran serta berbagai pihak, Kepala sekolah, Orang Tua (Komite Sekolah), Siswa (OSIS), dan Masyarakat terkait.
  5. Menyediakan biaya rutin dengan mengalokasi dana BOS
  6. Memperlakukan civill efek bagi guru yang aktif
  7. Mendorong berdirinya Gugus Darma sebagai bapak angkat Gugus Depan. 
Setelah lebih 6 tahun revitalisasi Gerakan Pramuka dilaksanakan dalam batas-batas tertentu, telah memperlihatkan hasil yang menggembirakan sebagai berikut : 
  1. Secara bertahap tetapi pasti, terbentuk karakter kaum muda sebagai calon pemeimpin bangsa yang tangguh serta memiliki bela negara yang tinggi.
  2. Secara bertaha tetapi pasti, kaum muda memiliki berbagai keterampilan hidup yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat.
Pada akhir pemaparan Ka. Kwarnas menyimpulkan bahwa :  
  1. Revitalisasi gerakan Pramuka adalah upaya mengembalikan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal untuk mendidik kader bangsa yang handal, yang memiliki semangat jiwa bela negara, patriot pembangunan dan perekat bangsa.
  2. Revitalisasi Gerakan Pramuka adalah juga upaya penyempurnaan Sistem Pendidikan Nasional, yang keberhasilannya sangat bergantung antara lain dari keberhasilan pendidikan non formal.
  3. Berbagai pihak yang terkait dengan upaya revitalisasi Gerakan Pramuka diharapkan dapat berperan serta. 
Dalam acara seminar ini dibuka oleh Ketua Kwartir Daerah Yogyakarta, dan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta berkenan hadir dan memberikan Amanat dalam amanatnya Bapak Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY mengungkapkan bahwa Kurikulum yang akan di berlakukan pada bulan Juni 2013 yang mana Pendidikan Pramuka akan di tetapkan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah, diharapkan Pendidikan Pramuka setelah menjadi Ekstrakurikuler Wajib dapat membentuk karakter dan menuju pendidikan lebih maju lagi khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. 
Pelaksanaan Acara Seminar "Revitalisasi Gerakan Pramuka (Sehari bersama Kakwarnas "Prof. DR.dr. Azrul Azwar, M.P.H") selasai pada jam 13.00 WIB. 
Pada Acara ini peserta diberikan buku Mengenal Gerakan Pramuka (Diterbitkan Oleh Esensi, Devisi Penerbit Erlangga) dan Bonus CD Mengenal Pramuka, Slide Paparan Kakwarnas dan Piagam.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar